Cari Blog Ini

Senin, 23 Juli 2012

Matching game with Flash part 1


haloo.. kali ini saya mau berbagi tentang bagaimana membuat game sederhana dengan menggunakan flash. Pasti temen2 pernah kan main game yang filenya ber-ekstensi *.swf atau *.exe, nah bila file yang ber-ekstensi *swf tersebut gamenya dibuat dengan menggunakan flash, sedangkan yang *.exe dapat dibuat dengan menggunakan flash atau software pengembang lainnya.

Di post kali ini, saya akan menjelaskan bagaimana cara membuat game mencocokan atau Matching game (yang sangat sederhana), tentunya dengan menggunakan flash.

untuk itu perlu diketahui software yang saya gunakan, yaitu:
·         Macromedia Professional Flash 8
·         Macromedia Fireworks 8


Terlebih dahulu saya akan menjelaskan beberapa teknik yang saya gunakan dalam membuat game ini. Matching game umumnya  merupakan game mencocokkan gambar yang memiliki berbagai format permainan. Format tersebut dapat berupa, matching game yang menggunakan dua bidang, satu bidang, yang menyembunyikan gambar terlebih dahulu, yang menggunakan format waktu permainan dan yang menggunakan format skor untuk menentukan nilai tertinggi. Nah saya membuatnya dengan format dua bidang, yang memasang waktu permainan, namun tidak untuk menentukan skornya.. tetapi hanya untuk mengukur kecepatan. Jika waktunya habis sebelum permainan selesai berarti "Kalah", dan jika waktunya belum habis sesudah permainan selesai berarti "Menang".


Teknik Click & Click yaitu menjadikan tombol sebagai pengontrol objek. Jika kedua tombol yang diklik itu objeknya sama, maka objek akan menghilang. Klik pertama berfungsi untuk mengontrol dan  menyimpan data objek. Sedangkan  klik kedua akan mengeksekusi data objek untuk menghilangkan kedua objek target.

Teknik Action LoadMovie. Teknik load (mengunduh) gambar untuk menampilkan gambar dalam game mencocokkan gambar. Teknik ini memudahkan pengembang dalam membuat, mengedit, dan merawat game.

            Terdapat dua cara untuk mengunduh gambar dalam action script, yaitu:
·   Mengunduh gambar ke permainan dari luar dokumen (link antar file)
·   Gambar disertakan dalam dokumen dan disimpan dalam library untuk diunduh ke permainan.

Teknik mengunduh gambar dari luar dokumen dibuat menggunakan action LoadMovie. Teknik ini mengorganisir gambar-gambar yang akan ditampilkan dalam satu folder, untuk kemudian gambar-gambar terdebut diunduh ke panggung permainan.

Keuntungan menggunakan teknik ini adalah setiap saat gambar dapat diedit atau diganti dengan gambar lainnya), tanpa harus masuk ke program Flash. Cukup dengan mengganti gambar melalui Windows Explorer menggunakan cara copy-paste file. Dengan syarat nama file gambar pengganti harus sama dengan nama file gambar yang diganti. 

Bagian Intro :

Pada intro game Eng Maching terdapat animasi dan media teks yang disertai dengan efek suara.

 Pilihan Menu kategori permainan


halaman kategori vegetables terdapat timer


halaman hasil "kalah"

Yah inilah preview dari game yang nanti akan dibuat. Seperti yang saya ungkapkan semula, game yang sangat sederhana.. ya..walaupun demikian saya berharap post-an ini masih dapat mendatangkan manfaat bagi teman2 sekalian :) . Di sela-sela waktu saya yang rapat terjadwal..semoga saya masih bisa berbagi walau cuma 1 post-an. InsyaAllah.. post-an ini akan saya lanjutkan ke  Matching game with Flash part 2

gamenya dapat diperoleh disini Eng Matching Game.exe
folder gambar animal , fruitsvegetables (disatukan dengan folder tempat game disimpan)
password: catatantina 

Berhubung saya punya waktu di liburan lebaran, dan smoga desain iklan dan produk selesai pada waktunya. Saya akan mem-postkan ini:

coming soon {Agustus}:
1. Augmented Reality
2. Augmented Reality with ARToolKit
3. Desain 3D with 3D Studio Max
4. Animasi with 3D Studio Max 

saya akan menulisnya dengan gaya bahasa saya, dan semoga dapat bermanfaat.. :)  trims to read, c u next time.

3 komentar:

Unknown mengatakan...

mba minta tutorial yang jelas sama script game mencocokkan gambarnya dong

Anonim mengatakan...

mbak , ada email yang bisa di hubungi untuk tanya-tanya . terima kasih

Anonim mengatakan...

Menarik ini,programmingnya flash. Ini hrs saya coba..